RS. Betha Medika

dingin-atau-hangat
Dingin Atau Hangat ?

Hai..Sahabat Betha
Kompres merupakan sebuah kata yang tidak asing didengar.
Maka dari itu mari kita mengenal kegunaan kompres hangat dan kompres dingin.

- Kompres Hangat
Kompres Hangat bekerja dengan cara memperlebar pembuluh darah. Pembuluh darah yang melebar akibat suhu hangat dapat mempermudah pengeluaran panas dari tubuh. Oleh karena itu, kompres hangat merupakan metode yang tepat untuk menurunkan demam.

Disamping itu, pembuluh darah yang lebar dapat mempermudah aliran darah dan suplai oksigen menuju daerah yang sakit sehingga membantu relaksasi otot, mengurangi kekakuan, dan meningkatkan rentang gerak bagian tubuh yang nyeri.

Meskipun kompres hangat dapat mengurangi nyeri, sangat tidak dianjurkan dilakukan pada luka yang baru (kurang dari 48 jam), luka terbuka, dan tampak bengkak. Alasannya karena terjadinya pelebaran pembuluh darah sehingga lokasi yang baru cedera bisa beresiko perdarahan, penumpukan cairan pada lokasi cedera yang dapat memperburuk kondisi luka dan meningkatkan nyeri.

- Kompres Dingin
Kompres dingin bekerja dengan cara mempersempit diameter pembuluh darah sehingga aliran darah yang menuju lokasi cedera menjadi lambat. Pada saat cedera terjadi proses peradangan dan kerusakan pembuluh darah yang menyebabkan pendarahan, sebaiknya kita lakukan kompres dengan es atau air dingin untuk menurunkan resiko perdarahan. Selain itu, suhu dingin yang menyebabkan penurunan aliran darah berefek terhadap penurunan jumlah zat perangsang radang yang bergerak menuju lokasi cedera sehingga dapat mengurangi bengkak dan nyeri.

Kompres dingin ini sangat efektif pada kondisi cedera ketika berolahraga, terkilir, bengkak, memar.

Pemilihan metode kompres haruslah disesuaikan dengan kondisi. Jangan salah memilih kompres, ya!

Dan penting juga konsultasikan penanganan cedera sahabat Betha dengan Orthopedi & Rehab Medik.

dr.Widyo Wahyu,Sp.OT
Senin
Pkl.16.00 - Pkl.200
Kamis & Jum'at
Pkl.07.00 - Pkl.14.00

dr.Noviani,Sp.KFR
Senin & Rabu
Pkl.07.00 - Pkl.12.00
Kamis
Pkl.07.00 - Pkl.09.00

#RSBethaMedika
#KasihGroup
#TipsKesehatan
#Orthopedi
#RehabilitasiMedik
#CederaOtotTulang


https://www.instagram.com/p/CnddC2Shr0E/